Dalai Lama Menerima Hadiah Templeton Pada Tahun 2012

Bstan-’dzin-rgya-mtsho (juga dieja Tenzin Gyatso) lahir sebagai Lhamo Thondup pada 6 Juli 1935, di desa Taktser, provinsi Qinghai, Tiongkok. Orang tuanya adalah petani kelahiran Tibet. Dia diidentifikasi sebagai Dalai Lama ke-14 pada tahun 1937 dan dinobatkan pada tahun 1940. Dia menerima pendidikan ekstensif, dan pada tahun 1959 dia memperoleh gelar yang setara dengan gelar doktor dalam filsafat Buddha.

Dalai Lama mengambil peran penuhnya sebagai penguasa Tibet pada 17 November 1950, pada usia 15 tahun. Sebulan kemudian dia melarikan diri dari serbuan pasukan Tiongkok, yang telah memasuki Tibet pada tahun 1949. Dia kembali ke Lhasa pada tahun 1951 dan menghabiskan beberapa tahun yang gagal. mencoba untuk membuat pengaturan yang damai dan bisa diterapkan dengan China.

Pada tahun 1959 orang Cina menghancurkan percobaan revolusi, membunuh puluhan ribu orang Tibet. Dalai Lama melarikan diri bersama sekitar 100 pengikutnya. Mereka akhirnya menetap di Himalaya, di Dharmsala, India. Di sana Dalai Lama membentuk pemerintahan login sbobet88 dalam pengasingan dan mengobarkan kampanye damai untuk mengakhiri kehadiran militer China. Atas usahanya, dia dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1989. Dia menerima Hadiah Templeton pada tahun 2012.

Dalai Lama sering bepergian, mengajar, mengajar, dan bertemu dengan banyak pemimpin dunia. Ke mana pun dia pergi, dia berbicara menentang pelanggaran China terhadap orang Tibet dan penghancuran budaya Tibet. Dalai Lama pertama yang menjadi figur publik global, dia menjadi juru bicara tidak hanya untuk rakyatnya tetapi juga untuk Buddhisme Tibet. Dia menulis beberapa buku tentang agama Buddha, serta otobiografi.

Setelah Dalai Lama mencapai usia 70 tahun, pertanyaan tentang penggantinya berulang kali diajukan. Pada dekade pertama abad ke-21, dia menyatakan bahwa Dalai Lama ke-15 tidak akan ditemukan di Tibet yang dikuasai Tiongkok tetapi di pengasingan. Dia kemudian menyarankan agar dia menunjuk penggantinya. Pemerintah China menolak gagasan ini, menyatakan bahwa tradisi pemilihan Dalai Lama baru dengan menentukan reinkarnasi dari yang sebelumnya harus dipertahankan. Pada tahun 2011 Dalai Lama mengundurkan diri sebagai kepala politik pemerintah Tibet di pengasingan.

Pada tahun 1937, anak tersebut dinyatakan sebagai reinkarnasi dari seorang pemimpin spiritual Buddhis yang agung dan diberi nama Dalai Lama ke-14. Hak kepemimpinannya dijalankan oleh sebuah kabupaten hingga tahun 1950. Pada tahun yang sama, dia dipaksa melarikan diri oleh Tiongkok tetapi menegosiasikan kesepakatan dan kembali memimpin Tibet selama delapan tahun berikutnya. Pada tahun 1959, pemberontakan nasionalis Tibet yang gagal menyebabkan tindakan keras oleh China, dan Dalai Lama melarikan diri ke Punjab, India, di mana dia mendirikan pemerintahan demokratisnya di pengasingan. Pada tahun 1989, ia memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian atas komitmennya terhadap pembebasan tanpa kekerasan di Tibet.

Pada tahun 1998, bukunya The Art of Happiness, yang ditulis bersama psikiater Howard Cutler, menjadi buku terlaris. Buku berikutnya, Ethics for the New Millennium (1999), memecahkan daftar buku terlaris pada Agustus 1999, memberinya dua gelar di Top 10. Meskipun mengacu pada ajaran Buddha, buku-buku tersebut berpendapat bahwa keyakinan spiritual tidak diperlukan untuk hidup dengan puas, hidup damai.

Share post -

Live COVID-19 statistics for
India
Confirmed
44,683,661
Recovered
0
Deaths
530,739
Last updated: 6 minutes ago

यह वेबसाइट कुकीज़ या इसी तरह की तकनीकों का इस्तेमाल करती है, ताकि आपके ब्राउजिंग अनुभव को बेहतर बनाया जा सके और व्यक्तिगतर तौर पर इसकी सिफारिश करती है. हमारी वेबसाइट के लगातार इस्तेमाल के लिए आप हमारी प्राइवेसी पॉलिसी से सहमत हों.